Pengertian Tentang Traffic Website Serta Jenisnya


Pengertian Tentang Traffic Website Serta Jenisnya





Pengertian Tentang Traffic Website Serta Jenisnya. Traffic website bisa diartikan sebagai hitungan jumlah orang yang mengunjungi sebuah blog atau website, halaman yang mereka lihat, dan durasi saat pengunjung melihat atau membaca halaman dari blog atau website tersebut. 


Ketika seseorang mengunjungi blog atau website suatu website, kunjungan tersebut serta semua link yang mereka klik dan follow direkam oleh domain sebuah website. Nantinya angka-angka ini bisa memberi Anda ide tentang seberapa populernya sebuah website.




Kenapa Traffic penting?

Kalau blog atau website tidak dikunjungi banyak orang, website tersebut akan terancam tenggelam di antara website-website yang lain di mesin pencarian. Jadi setiap website butuh traffic. Seberapa pun bagusnya website, jika pengunjungnya sedikit, website dan bisnisnya  mungkin tidak akan bisa bertahan. Pada dasarnya, website atau blog akan bertahan jika ada traffic flow yang stabil.

Ada tiga alasan kenapa Anda perlu mempertimbangkan kepentingan traffic website, terutama dalam e-commerce:
  1. Traffic dari pengunjung yang tertarik dengan konten sebuah website atau produk-produk yang website itu tawarkan akan lebih mungkin untuk menghabiskan lebih banyak waktu di website tersebut dan memberi tahu tentang website tersebut ke orang banyak. 
  2. Jika orang menghabiskan lebih banyak waktu di website Anda, ada kemungkinan mereka akan mendaftarkan diri untuk berlangganan website Anda atau menerima konten promo yang nantinya bisa membuat mereka menjadi konsumen untuk jangka waktu yang lama.
  3. Untuk bisnis, Anda perlu mendapatkan traffic website untuk mendapatkan keuntungan dan memastikan bahwa bisnis Anda berjalan lancar.

Jenis - jenis trafic dan Cara Mendapatkannya


1. Direct Traffic


Direct traffic yaitu trafik yang diperoleh secara langsung dari pengunjung atau yang bisa dsebut visitor yang mengetik alamat website atau blog pada adress bar browser. Cara ini merupakan yang termudah dibandingkan jenis traffic lainnya. Visitor langsung juga merupakan cara tercepat untuk mendapatkan trafik, bahkan jika website yang baru selesai dibuat. 

Direct traffic mempunyai kekurangan dari konsistensinya, karena untuk mendapatkannya harus secara terus menerus mempromosikannya secara langsung melalui iklan di media masa dan elektronik adalah suatu cara mendapatkan traffic langsung. Sekilas memang terlihat yang paling mudah dan cepat dalam mendatangkan visitor, namun jika berharap konsisten maka diperlukan biaya yang cukup lumayan.

2 Referral Traffic
Trafik rujukan (referral) berasal dari website lain. Hai ini berkaitan dengan link yang terpasang pada website lain, baik dilakukan oleh anda sendiri atau orang lain. Anda mendapat benefit dari blog walking, hingga aktif di forum-forum menjadi guest posting misalnya.

Saat ini membuat backlink sudah tidak diperhitungkan lagi, bahkan berpotensi terkena pengaruh buruk algoritma dari google terhadap peringkat website di mesin pencarian . Tidak semuanya, anda harus memilih dengan baik website yang akan dijadikan sumber link. Dulu teknik memasang link di komentar merupakan cara yang ampuh mengumpulkan setidaknya penilaian dalam rangka menaikan peringkat. Setelah google mengenalkan format link nofollow dan link dofollow secara umum blog-blog mengikuti, menerapkan format nofollow untuk komentar (sebagian kecil tidak). Dengan link nofollow, tautan anda tidak diperhitungkan lagi, namun tetap bermanfaat jika ada pengunjung web tersebut mengkliknya, kemudian menuju ke website anda.

3. Social Traffic

Traffic ini berasal dari sosial media seperti facebook, twitter, google plus. Mmendapatkan visitor dari sosial media  merupakan cara paling jitu bagi website baru untuk mendapatkan popularitas. Karena sebagian besar pengguna internet pasti memiliki akun sosmed dan aktif menggunakannya dalam aktivitas sehari-hari.

Pengguna sosial media yang sangat banyak jumlahnya merupakan potensi besar mendapatkan traffic menuju website. Berbagai macam cara bisa dilakukan seperti membuat status, membuat fanspage sendiri, bergabung di grup sosial media dan lain-lain.

4. Organik Traffic

Traffic Organik didapat dari hasil mesin pencarian, yang paling tinggi kualitasnya dan menjadi tujuan dari website di buat. Organik traffic tidak mudah didapatkan, terlebih bagi website yang baru dibuat. Setiap website harus memenangkan persaingan untuk mendapatkan visitor dari mesin pencari.

Untuk mendapatkannya tidak dalam waktu cepat, anda harus secara aktif melakukan SEO, pengelolaan yang benar, update secara konsisten, mengikuti aturan guildness google, aktif di sosial media, melakukan promosi. Semua yang anda lakukan adalah mencari popularitas, mencari traffic sebanyak mungkin dari ketiga traffic sebelumnya. Organik traffic akan anda peroleh dalam jangka waktu beberapa bulan hingga tahunan, tergantung dari kesungguhan anda menjalankan website.


Meskipun Organik Traffic sangat penting, sebaiknya anda jangan mengabaikan 3 traffic lainnya. Semua jenis traffic berpeluang mendatangkan konversi bagi usaha anda. Kendala umum yang dihadapi khususnya website baru (pemiliknya) berpikir jika memiliki website akan langsung mendapat kunjungan dari google. Kenyataannya tidak demikian, sehingga umumnya mereka tidak pernah mendapat keuntungan dari website yang dimilikinya.

Setiap website harus mendapatkan traffic secara terus menerus agar pada akhirnya mendapatkan tingkat popularitas tertentu. Dengan kepopuleran secara otomatis akan mendapatkan kepercayaan dari mesin pencari. Peringkat website anda dinaikan, menuju halaman 1, selanjutnya pengunjung berdatangan dengan sendirinya. Seperti itulah gambaran umum dalam mengelola dan melakukan SEO bagi website untuk sekarang dan seterusnya.